Buka Bimtek CSIRT Bagi Pegawai Pemkot Madiun, Wali Kota Pesan Jaga Keamanan Data Pemerintahan




MADIUN – Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menggelar bimbingan teknis Secure Development Life Cycle (SDLC) kepada segenap agen MadiunKota-CSIRT di masing-masing OPD Pemkot Madiun. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Selasa (2/4).

Wali Kota Madiun, Dr. Maidi pun hadir untuk membuka kegiatan. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Pendekar itu berpesan kepada seluruh agen untuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Serta, mengamankan data pemerintahan di masing-masing OPD.

‘’Jangan sampai data itu disalahgunakan. Karena akan berimbas kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Adapun SDLC merupakan proses yang digunakan oleh tim pengembangan untuk mendesain serta membangun perangkat lunak berkualitas tinggi.

Sedangkan, Computer Security Incident Response Team (CSIRT) adalah tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber, pada suatu wilayah (constituency) yang bertanggung jawab atas penerimaan, pemantauan dan penanganan laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

Tim CSIRT yang tersebar di setiap OPD akan bertanggung jawab penuh untuk memonitor dan mengelola berbagai isu-isu terkait dengan keamanan internet untuk menjaga aset informasi dan komunikasi dari seluruh unit-unit aktivitas organisasi.

‘’Sinergi antar-OPD itu penting. Segera komunikasikan jika ada masalah. Jangan menunggu sampai masalah itu besar,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)