Masuk Lima Besar Ibangga Award 2024, Kota Madiun Ikuti Verifikasi Lapangan, Wali Kota Optimis Bisa ke Nasional




MADIUN – Kota Madiun berkesempatan untuk mengukir prestasi di Ibangga Award 2024. Bagaimana tidak, Kota Pendekar masuk lima besar Ibangga Award tingkat Jawa Timur. Tak ayal, Kota Madiun berhak mengikuti penilaian lapang. Kegiatan penilaian lapang berlangsung di GCIO Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun dengan dipimpin Wali Kota Madiun, Dr Maidi, Jumat (5/4).

‘’Ya kita terima kasih sekali teman-teman kerjanya sudah baik. Sudah membawa dampak yang bagus dan itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan,’’ kata wali kota.

Wali kota optimis Kota Madiun bisa memberikan yang terbaik. Apalagi gelaran sebelumanya, Kota Madiun pernah meraih juara dua tingkat provinsi. Karenanya, orang nomor satu tersebut memasang target untuk bisa meraih juara pertama serta berhak mewakili Jatim di tingkat nasional.

‘’Kalau bisa mewakili Jawa Timur, di nasional jangan sampai memalukan. Sebaliknya, juga harus bisa juara 1,’’ ungkapnya.

Ibangga Award ini berangkat dari surat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengirimkan profil daerah masing-masing. Nah, dari profil tersebut kemudian diambil lima besar. Yakni, Kota Madiun, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Kediri. Lima daerah tersebut berhak mengikuti verifikasi lapangan untuk menentukan yang terbaik.

‘’Tahun lalu kita juara dua, yang juara 1 Kabupaten Lamongan. Tahun lalu hanya berhenti sampai di tingkat provinsi. Tahun ini yang juara 1 bisa naik ke tingkat nasional,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun, dr Denik Wuryani.

Seperti halnya wali kota, Denik juga optimis Kota Madiun bisa meraih yang terbaik. Pasalnya, indek kebahagiaan di Kota Madiun tertinggi di Jawa Timur. Indek kebahagiaan Kota Madiun mencapai 68 persen lebih. Itu sudah di atas nilai Jawa Timur di angka 61 persen. Denik menyebut setidaknya ada tiga dimensi yang dinilai. Yakni, dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan.

‘’Di Kota Madiun, sejumlah kebijakan dan program Wali Kota Dr. Maidi sudah menunjang ke tiga dimensi tersebut,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)