Puluhan Jenis Tanaman Bonsai Mejeng di PBC




MADIUN - Pahlawan Business Center (PBC) terlihat lebih hijau dari biasanya. Hal itu lantaran ada ratusan bonsai yang sedang mengikuti pameran yang bakal diadakan pada 20-23 April mendatang.

Sedikitnya 40 jenis jenis tanaman bonsai yang dipamerkan sudah mulai berdatangan sejak kemarin, Rabu (17/4). Di antara jenis tersebut ada bonsai serut, santigi, sisir, hingga anting putri.

Pameran tersebut merupakan pameran perdana yang digelar oleh Perkumpulan Pengemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Madiun. Ketua Panitia Pameran, Panca Wijaya mengatakan, bonsai tidak hanya dipamerkan namun juga dilombakan.

“Ada penilaian dari tiga orang tim juri nasional. Juri akan melakukan penilaian dalam tiga kategori. Pertama kategori prospek, semi jadi, dan kelas jadi. Dalam masing-masing kategori bakal ditentukan juara best ten,” jelasnya, Kamis (18/4).

Pihaknya mentargetkan akan ada sekitar 400-500 peserta dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang mengikuti pameran ini. Lebih lanjut Panca menjelaskan, tak hanya bonsai pameran juga akan melibatkan peran serta UMKM dalam acara tersebut.

“Selain pameran kita juga melibatkan UMKM untuk berjualan disini. Stand UMKM juga gratis,” ungkapnya.

Melalui pameran ini, pihaknya berharap supaya bonsai kembali eksis dan menjadi daya tarik bagi masyarakat, khususnya di Kota Pendekar. Selain itu juga menjadi ajang silatirahmi bagi pecinta bonsai.

“Harapan kita dari pengemar bonsai Kota Madiun kembali bangun lagi. Kita juga sudah memiliki cabang sendiri, dan untuk memperkenalkan lagi bonsai di Kota Madiun,” pungkasnya.
(ws hendro/kus/madiuntoday)