RAPI Daerah 13 Jawa Timur Gelar Rapimda VI, Kota Madiun Terpilih Jadi Tuan Rumah




MADIUN – Kota Madiun kembali menjadi tuan rumah kegiatan besar. Kali ini ada rapat pimpinan daerah (Rapimda) VI Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 13 Jawa Timur. Dalam kegiatan yang berlangsung di Pusdiklat Perhutani tersebut dihadiri puluhan pimpinan RAPI dari berbagai daerah. Berbagai pembahasan pun mengemuka. Mulai kebijakan penataan alokasi frekuensi hingga urusan kesekretariatan.

‘’RAPI wilayah Madiun kota dan kabupaten dulunya jadi satu kepengurusan. Sekarang, Kota Madiun sudah berdiri sendiri dengan kode RAPI wilayah 34 Kota Madiun. Alhamdulillah, Kota Madiun dipercaya menjadi tuan rumah Rapimda VI ini,’’ kata Ketua RAPI Kota Madiun, Bima Primaga Yudha, Sabtu (20/4).

Bima menyebut menjadi tuan rumah Rapimda merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi, pembahasan yang mengemuka cukup penting. Diakuinya, perlu adanya pengaturan untuk alokasi frekuensi RAPI. Sebab, setiap RAPI di daerah memiliki repeater masing-masing. Sementara, frekuensi untuk RAPI sudah ditentukan. Tak heran, masih sering terjadi tabrakan frekuensi. Nah, melalui rapat tersebut diharapkan memunculkan kebijakan alokasi frekuensi yang lebih tertata.

‘’Di tiap-tiap wilayah sudah memiliki repeater, hari ini kita lakukan pembahasan terkait itu supata tidak saling bertumpukan atau bertabrakan,’’ jelasnya.

RAPI kerap turun diberbagai kegiatan penting dalam rangka memberikan bantuan komunikasi (bankom). Seperti saat lebaran, Nataru, dan berbagai hari besar lainnya. Bantuan komunikasi tersebut dinilai efektif. Selain menggunakan HT sebagai alat komunikasinya, anggota RAPI juga tersebar hingga ke pelosok daerah yang mungkin belum terjangkau sinyal internet.

‘’Saat ini untuk RAPI wilayah 34 Kota Madiun memiliki 89 anggota aktif. Kita sering memberikan bantuan komuniasi hingga kegiatan bansos,’’ pungkasnya. (rams/agi/diskominfo)