Meriahkan Hardiknas, Dindik Gelar Pameran Karya Siswa Di PSC




MADIUN – Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, siswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan minat bakatnya dengan lebih optimal. Kreativitas para siswa itupun ditunjukkan dalam event Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Taman Sumber Wangi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5).

‘’Pameran dalam rangka Hardiknas ini kami libatkan seluruh unsur di bawah Dinas Pendidikan. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan, red) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, red),’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Dr. Lismawati.

Beragam karya siswa pun ditampilkan. Mulai dari kerajinan tangan dari bahan daur ulang, lukisan, produk olahan yang memanfaatkan bahan di sekitar lingkungan, hingga unjuk bakat seperti menyanyi, bermain alat musik, dan berpidato.

Tak hanya itu, para siswa dan guru juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga, semakin meningkatkan ketertarikan pengunjung. Serta, menambah wawasan akan keanekaragaman budaya di Indonesia.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto pun mengapresiasi event Gelar Karya P5 hari ini. Menurutnya, pola pendidikan di Kota Madiun telah seiring sejalan dengan perubahan zaman. Termasuk, penggunaan IT dalam kegiatan belajar-mengajar.

‘’Tidak semua daerah bisa memberikan laptop kepada siswanya. Ini langkah bagus untuk pengembangan pendidikan di Kota Madiun,’’ tuturnya.

Pj. Wali Kota Eddy pun berharap, momen Hardiknas tahun ini bisa memberikan semangat, khususnya bagi tenaga pendidik di Kota Madiun, untuk semakin meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan. Sehingga, bisa memberikan pendidikan yang lebih baik bagi siswa-siswinya.

‘’Anak-anak saat ini tidak hanya dituntut pintar, tapi juga berakhlak yang baik, serta bisa mengikuti perkembangan zaman. Lewat guru dan berbagai elemen pendidikan semoga bisa menciptakan generasi unggul yang akan menerima tongkat estafet membangun Indonesia yang lebih hebat,’’ tandasnya. (WS hendro/irs/madiuntoday)