Bercerita Kekhasan Kota Lewat Dua Motif Mempesona, Veronika Sukses Kenalkan Batik Hingga Mendunia




MADIUN - Batik sudah lama menjadi salah satu media untuk bercerita. Kekhasan motifnya membuat tertarik siapa saja yang melihatnya. Berangkat darisana, Veronika Dwi Sulistiyani mengisahkan kekhasan Kota Madiun lewat sebuah karya batik.

Dua batik karyanya diberi nama Batik Khas Madiun Sekar Turi Kinasih dan Nagari Candi. Keduanya terinspirasi dari pesona Kota Madiun. Motif Sekar Turi Kinasih terdiri dari lukisan sekar atau bunga Turi yg mempunyai nilai filosofi Turi dalam bahasa Jawa artinya Pitutur atau nasehat atau pesan moral kepada manusia untuk taat kepada Tuhan dalam menjalani hidup dan  juga pesan tentang kematian yang akan kita alamai kelak. Dan Kinasih yang berarti cinta kasih

“Jadi motif sekar turi kinasih secara filosofis mengandung makna nasehat yang penuh kasih sayang,” akunya.

Sementara motif untuk motif Nagari Candi terinspirasi dari daerah tempat tinggalnya yang berada di Kelurahan Patihan, dimana semua nama jalannya menggunakan nama candi-candi di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan memberikan nilai filosofi dan makna nilai kereligiusan dan kemakmuran umat manusia yg diwakili oleh warga Kelurahan Patihan dan warga Kota Madiun.

“Untuk motif Nagari Candi sudah dipakai jadi baju di kelurahan. Selain ikut fashion show di dalam kota juga batik buatan saya sudah pernah ikut fashion show di luar kota hingga terjual ke Malaysia,” ungkapnya.

Lewat karyanya ini, perempuan 51 tahun itu berharap batik tak hanya sebagai sebuah kain. Lebih dari itu, batik adalah sebuah seni yang melambangkan identitas diri dan juga sebagai warisan yang tak lekang oleh zaman.
(Dspp/kus/madiuntoday)