Rajin Lakukan Kebiasaan Ini Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung Di Usia Muda




MADIUN - Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Dilansir dari website Siloam Hospitals, 20 persen orang mengalami serangan jantung masih berusia kurang dari 40 tahun. Oleh karena itu, pencegahan sejak dini perlu dilakukan. Salah satunya dengan olahraga.

Hal ini seperti disampaikan oleh Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Pondok Indah Puri Indah, dr Johan Winata, SpJP, Subsp, KI(K). Olahraga seperti berjalan kaki baik untuk kesehatan jantung.

"Olahraga membuat detak jantung naik. Dengan begitu, bisa mempertahankan detak jantung baiknya kontinyu," ujarnya sebagaimana dilansir dari DetikHealth, Selasa (28/5).

Namun, durasi jalan kaki juga menentukan pengaruhnya terhadap kesehatan jantung. Sebaiknya, lakukan selama 15-30 menit tanpa berhenti.

"Kalau sebentar-sebentar berhenti, itu akan membuat detak jantung turun lagi," jelasnya.

Selain jalan kaki, dr Johan mengungkap olahraga lain yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung di antaranya olahraga endurance, kardio, dan weightlifting. Namun, bukan weightlifting seperti binaragawan. Melainkan, yang bertujuan meningkatkan kepadatan tulang.

"Pada dasarnya, olahraga harus dilakukan secara kontinyu. Baik juga menentukan target. Misalnya sepekan harus turun seribu kalori," tandasnya. (Ws hendro/irs/madiuntoday)