Berkendara Terlalu Lama? Waspadai Highway Hypnosis




MADIUN - Saat mengemudi dalam waktu yang cukup lama, tak jarang seseorang mengalami kelelahan. Apalagi, jika jalan yang dilewati cukup monoton. Hal ini menyebabkan otak melambat dan pengemudi kurang waspada.

Kondisi ini disebut sebagai highway hypnosis. Dalam kondisi ini pengemudi merasa seperti 'kesurupan' dan berkendara secara autopilot.

Gejala highway hypnosis tak selalu disadari oleh seseorang. Namun, ada sejumlah indikasi bahwa seseorang mengalami kondisi ini sehingga perlu perhatian khusus, di antaranya :

- Mengantuk
- Kehilangan konsentrasi atau mental
- Pikiran tidak fokus
- Perasaan tumpul atau linglung
- Waktu reaksi lambat
- Kelopak mata berat atau sering berkedip

Saat mengalami highway hypnosis, pengemudi bisa saja tidak menyadari bahwa dirinya baru sama melewati pintu keluar jalan tol. Atau, tidak dapat mengingat apapun dalam beberapa kilometer terakhir.

Adapun penyebab highway hypnosis berdasarkan Healthline, lebih sering terjadi pada pengemudi yang lelah. Namun, kelelahan bukanlah satu-satunya penyebab. Sebagian besar penelitian yang ada tentang highway hypnosis mengatakan bahwa jalan yang monoton, seperti pemandangan yang sama dengan jarak yang cukup panjang, memainkan peran penting dalam fenomena ini.

Kemudian, faktor-faktor lain adalah garis putih yang kabur dan pepohonan yang membentang tanpa henti ke arah cakrawala. Kelelahan juga bisa bertambah parah jika terus mengemudi. Bahkan, membuat pengemudi lebih mungkin tertidur. (Ws hendro/irs/madiuntoday)