Pelatihan Kerja Tahap Dua Dimulai, Ada 86 Peserta yang Lolos, Tahap Tiga Dimulai Agustus Nanti




MADIUN – Pelatihan kerja berbasis kompetensi tahap dua tahun ini resmi dimulai. Pelatihan yang yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Madiun itu dibuka Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto di Votel Kartika Abadi, Rabu (19/6). Setidaknya, ada 86 total peserta. Mereka berhasil menyingkirkan sekitar 250 peserta yang mendaftar di tahap kedua ini.

‘’Ini merupakan inisiatif dari Pemkot Madiun untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat Kota Madiun khususnya bagi mereka yang baru lulus sekolah maupun kuliah. Kita bekali dengan pelatihan kerja,’’ kata Pj wali kota.

Pj wali kota berharap upaya tersebut dapat menekan angka pengangguran terbuka dan kemiskinan di Kota Madiun. Hal itu terlihat pada gelaran serupa tahun lalu dimana 100 persen dari peserta pelatihan sudah terserap dunia kerja. Beberapa lainnya berwirausaha. Begitu juga pelatihan tahap satu lalu. Peserta yang sudah mendapatkan pekerjaan juga cukup banyak.

‘’Sebelumnya sudah banyak yang berhasil. Ini memang untuk menekan dan mengurangi angka pengangguran terbuka dan kemiskinan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Madiun, R. Andriono Waskito Murti menyebut pelatihan tahap pertama setidaknya berhasil menyerap 86 persen dari total peserta. Padahal pelatihan tahap pertama selesai pada April lalu. Tak heran, pihaknya optimis peserta pelatihan bakal terserap 100 persen di tahun ini.

‘’Tahun lalu kita 100 persen. Untuk tahap pertama kemarin sudah 86 persen. Ini memang kita pilihkan jenis pelatihan yang banyak dibutuhkan dunia kerja,’’ ungkapnya.

Setidaknya, ada lima jenis pelatihan yang dibuka. Yakni, otomotif mesin injeksi, digital marketing, desain grafis, barber (pangkas rambut), dan barista. Andriono menyebut masyarakat lainnya tidak perlu khawatir. Sebab, pihaknya masih akan membuka satu tahap lagi. Pelatihan kerja tahap ketiga tersebut rencananya akan dimulai pada Agustus mendatang.

‘’Untuk tahun ini pelatihan kita bagi tiga tahap. Ini tahap dua. Tahap tiga nanti Insyaallah kita mulai Agustus,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)