Musim Pancaroba, Lakukan Tips Ini Biar Badan Tetap Bugar




MADIUN - Musim pancaroba, di mana cuaca tidak menentu dan mudah berubah, sering kali membawa berbagai macam penyakit. Mulai dari demam berdarah, batuk, flu, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba agar tetap bugar?

Pertama, melindungi diri dari polusi udara. Caranya dengan menggunakan masker saat cuaca panas dan polusi tinggi. Juga rajin cuci tangan dan jaga jarak di keramaian. Tak kalah penting adalah konsumsi air putih 3-4 liter per hari.

Kedua, mencegah demam berdarah. Yakni dengan pemberantasan sarang nyamuk yang ada di lingkungan sekitar rumah. Pastikan seluruh tempat yang bakal jadi sarang nyamuk untuk berkembang biak tidak ada.

Ketiga, jaga hidrasi tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup, terutama saat cuaca panas. Juga mengonsumsi sayur dan buah kaya air seperti semangka, melon, pir, dan apel.

Keempat, jangan pernah skip olahraga. Pasalnya olahraga membantu tubuh untuk tetap prima. Bisa dilakukan dengan jalan kaki minimal 30 menit dalam sehari.

Kelima, lindungi diri dari serangan hawa panas. Di antaranya dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Atau juga bisa dengan menggunakan payung, kacamata hitam, tabir surya, dan baju berwarna cerah. Ingat, cuaca yang tidak menentu di musim pancaroba dapat memicu berbagai penyakit.
(dspp/kus/madiuntoday)