Pernah Coba Kopi Tanpa Gula? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho..




MADIUN - Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang populer di masyarakat. Apalagi, kopi dengan tambahan susu dan gula. Minuman inipun digemari oleh kalangan muda-mudi masa kini.

Namun, kopi tanpa tambahan susu dan gula, atau kopi hitam, rupanya menyimpan lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari. Yakni, setiap pagi dan sore hari.

Dilansir dari Halodoc, sejumlah manfaat kopi tanpa gula antara lain :

1. Meningkatkan daya ingat

Menyesap kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Sehingga, menurunkan resiko penyakit demensia, parkinson, dan alzheimer.

2. Meningkatkan performa olahraga

Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens. Sehingga, mampu meningkatkan performa saat olahraga.

Selain itu, kopi hitam juga dapat memecah lemak tubuh yang disimpan dan melepaskan sel-sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

3. Bermanfaat untuk hati

kopi hitam juga membantu mencegah hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkoholik. Kopi bekerja dengan menurunkan tingkat enzim hati yang berbahaya dalam darah.

4. Membersihkan perut

Kopi merupakan minuman diuretik sehingga akan membuat peminumnya sering buang air kecil. Namun disitulah manfaat kopi tanpa gula, sebab dapat membantu mengeluarkan semua racun dan bakteri melalui urine. Alhasil, perut jadi lebih bersih.

5. Membantu penurunan berat badan

Bagi warga yang sedang menurunkan berat badan, kopi tanpa gula bisa mendukung program tersebut. Sebab, kopi dapat meningkatkan kemampuan olahraga lebih lama jika meminumnya 30 menit sebelum pergi ke gym.

Selain itu, kopi juga membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Serta, merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel-sel lemak. Kemudian, menggunakannya sebagai sumber energi sebagai lawan dari glikogen.

Meski begitu, menyesap kopi wajib disertai dengan takaran yang tepat. Sebab, akan menyebabkan efek samping bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Di antaranya, menimbulkan kecemasan dan stress, merusak rutinitas tidur, kram dan kejang perut, serta kurang terserapnya zat besi, kalsium, dan zinc secara optimal. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)