Kabar Gembira! Seragam Gratis Untuk Siswa SMP Sudah Datang




MADIUN - Kabar gembira bagi peserta didik baru yang telah lolos seleksi PPDB jenjang SD dan SMP di Kota Madiun. Karena, tahun ini Dinas Pendidikan setempat kembali menyediakan bantuan kain seragam gratis dan ongkos jahit.

"Hari ini kloter pertama pengiriman sudah datang. Ada paket seragam SMP ukuran standar," ujar Kasi Pengelolaan Sarpras PAUD dan Pendidikan Non Formal, SD, SMP Dinas Pendidikan Kota Madiun, Sugiyanta saat ditemui di kantornya, Kamis (18/7).

Menurut Sugiyanta, total ada 2.580 paket seragam SMP yang sudah tiba hari ini. Terdiri dari kain atasan warna putih sepanjang 1,75 meter, bawahan biru 1,25 meter, kain Pramuka warna coklat muda 1,75 meter, dan bawahan coklat tua 1,75 meter. Selain itu, juga ada atribut tambahan seperti badge dan hasduk.

Petugas Dinas Pendidikan lantas memeriksa kain secara acak dan memastikan jumlah yang terkirim sudah sesuai.

Selanjutnya, menurut Sugiyanta, kain seragam untuk siswa SD dan SMP ukuran jumbo diperkirakan tiba pekan depan. Total ada 2.616 paket seragam SD dan 664 paket seragam SMP jumbo.

"Proses selanjutnya, kami akan segera meminta masing-masing sekolah agar segera melakukan pengajuan kain seragam yang dibutuhkan. Setelah pengecekan, proses pengajuan, dan dipilah sesuai kebutuhan sekolah, baru kain bisa dibagikan" jelasnya.

Lebih lanjut, Sugiyanta mengungkapkan bahwa Dinas Pendidikan tahun ini menganggarkan Rp 2,7 miliar untuk pengadaan kain seragam gratis. Angka itu belum termasuk ongkos jahit Rp 300 ribu per anak.

"Bantuan kain seragam gratis ini untuk siswa SD dan SMP, baik negeri maupun swasta. Namun, untuk siswa sekolah swasta hanya diberikan kain seragam saja. Ongkos jahitnya tidak," tandasnya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)