Tak Hanya Guru Sekolah, MPLS Juga Libatkan Instansi Vertikal Untuk Tingkatkan Pengetahuan Siswa




MADIUN - Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tidak hanya diisi dengan program untuk meningkatkan adaptasi siswa di tempat belajar yang baru. Namun juga menambah pengetahuan siswa tentang berbagai hal agar lebih siap sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

Untuk itulah, MPLS juga melibatkan OPD bahkan instansi vertikal lainnya seperti kejaksaan, kepolisian, dan 3 pilar pemerintahan.

"Masing-masing memberikan materi untuk menambah kompetensi siswa," ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi saat memantau kegiatan MPLS di SMPN 14, Rabu (17/7).

Misalnya seperti Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana dengan Gerakan Sekolah Sehat. Di dalamnya juga disampaikan materi terkait bahaya rokok hingga HIV/AIDS. Begitu pula dengan Kejari dengan program Jaksa Masuk Sekolah untuk memberikan penyuluhan hukum kepada anak-anak.

"Muatannya, siswa harus merasa senang dan nyaman di sekolah baru. Kegiatan MPLS tidak boleh ada tindak kekerasan," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)