Kenalkan Lingkungan Sekitar Sekolah, SDN 01 Taman Ajak Peserta Didik Pawai Keliling Sekolah




MADIUN – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bisa diisi dengan beragam kegiatan. Salah satunya, kegiatan pawai keliling lingkungan sekitar sekolah seperti yang dilakukan SDN 01 Taman. Kegiatan tidak hanya melibatkan peserta didik baru. Tetapi juga seluruh siswa kelas I sampai kelasVI. Kegiatan semakin menarik karena masing-masing kelas mengusung tema berbeda.

‘’Kami tidak hanya ingin mengenalkan lingkungan sekolah tetapi juga mengenalkan lingkungan di sekitar sekolah kepada peserta didik. Salah satunya, melalui pawai ini,’’ kata Kepala SDN 01 Taman, Sukanan.

Sukanan berharap anak-anak juga mengenal lingkungan sekitar sekolah seperti lapangan Gulun dan lain sebagainya. Lapangan gulun nantinya juga akan menjadi salah satu tempat pembelajaran siswa. Yakni, mata pelajaran olahraga. Selain itu, siswa juga perlu dikenalkan akses jalan di sekitar sekolah. Harapannya siswa dapat mengetahui harus berjalan ke arah mana jika berada di luar sekolah.

‘’Lingkungan sekitar sekolah itu juga penting. Jangan sampai anak-anak itu bingung padahal dia sebenarnya dekat dengan sekolahnya,’’ ungkapnya.

Tak hanya mengenalkan lingkungan sekitar sekolah, pihaknya juga menanamkan konsep keberagaman. Sebab, masing-masing kelas mengusung tema yang berbeda-beda. Mulai konsep cita-cita profesi untuk kelas I, tema olahraga untuk kelas II, tema anti bullying untuk kelas III, tema back to nature untuk kelas IV, tema digitalisasi pembelajaran untuk kelas V, dan tema Madiun Kota Pendekar untuk kelas VI.

‘’Prinsipnya dari pawai ini ada banyak manfaat yang bisa dipetik. Mulai keberagaman, kampanye anti bullying, hingga promosi potensi sekolah dan Kota Madiun pada umumnya,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)