Pemkot Madiun Usulkan Pembangunan Jembatan Manguharjo ke Pusat, Lebar Diusulkan Dua Kali Lipat




MADIUN – Upaya pelebaran jembatan Manguharjo terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Salah satunya, mengusulkan pembangunan ke pemerintah pusat. Jembatan yang berada di Jalan Kolonel Marhadi tersebut diusulkan untuk dilebarkan dua kali lipat dari yang sekarang.

‘’Jadi Jembatan Manguharjo itu memang kami usulkan ke pusat untuk dibangun ulang. Kami usulkan untuk pelebaran. Kalau disetujui jadinya dua kali lipat dari yang saat ini,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Thariq Megah, Senin (22/7).

Kondisi Jembatan Manguharjo saat ini memang belum cukup lebar. Hanya dua lajur jalan. masing-masing untuk dua arah kendaraan. Yakni, dari barat dan timur. Sementara, Jalan Kolonel Marhadi tepat di timur jembatan memiliki empat jalur. Artinya, ada penyempitan jalan saat melewati jembatan. Begitu juga dari arah sebaliknya. Tak jauh dari jembatan juga ada traffic light. Yakni, di depan Pos Polisi Bantaran. Tak heran, saat lampu merah dari arah barat sering terjadi kemacetan hingga di jembatan.

‘’Pada Maret 2024 lalu proposal pengajuan juga kita titipkan kepada Komisi IV DPR RI saat berkunjung ke Kota Madiun,’’ jelasnya.

Rombongan Komisi IV DPR RI memang berkunjung ke Kota Madiun untuk meninjau pembangunan terminal Purboyo dan Rusunawa III. Tidak hanya mengusulkan pembangunan Jembatan Manguharjo, Pemerintah Kota Madiun juga mengusulkan pembangunan Rusunawa IV, pembangunan Ring Road Timur, hingga pengadaan bus sekolah.

‘’Prinsipnya ini masih proses pengajuan usulan ke pusat. Semoga saja segera bisa terealisasikan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)