Wujudkan Kemandirian Pangan Tiap Kelurahan, DKPP Gelar Lomba Tingkat Kota




MADIUN - Pemanfaatan lahan pekarangan menjadi lahan produktif dan bisa menghasilkan berbagai macam tumbuhan juga sayuran, menjadi salah satu alternatif sumbangan pangan bagi keluarga. Hal itu nantinya bisa membentuk kemandirian pangan di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, untuk mewujudkan kemandirian pangan di tiap kelurahan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun menggelar lomba kemandirian pangan. Pesertanya merupakan perwakilan dari kelurahan yang terpilih dari tiga kecamatan.

“Kami melakukan lomba kemandirian pangan. Penilaiannya tidak hanya pekarangan pangan lestari, tapi juga sinergitas program kelurahan dengan PKK untuk mengoptimalkan pekarangan,” ujar Kabid Ketahanan Pangan DKPP, Sumini, Selasa (23/7).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, ada beberapa indikator penilaian yang dilakukan. Di antaranya yakni, penanaman dan pemanfaatan pekaranganc administrasi, hingga pemanfaatan hasil pekarangan.

“Kalau ada produk unggulan atau inovasi lain bisa jadi nilai tambah. Harapannya tentu dengan adanya lomba ini tiap kelurahan ada kegiatan kemandirian pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan di tingkat keluarga atau kelompok,” pungkasnya.
(dspp/kus/madiuntoday)