Dinilai Berkinerja Memuaskan, Pemkot Madiun Raih Anugrah Pandu Negeri 2024




JAKARTA - Pemkot Madiun kembali berhasil meraih prestasi gemilang. Yakni, berupa Anugrah Pandu Negeri 2024 kategori Gold sebagai Pemda dengan kinerja dan governansi sangat memuaskan.

Penghargaan ini diberikan oleh Indonesia Institute Publik Governance (IIPG). Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto pun hadir secara langsung untuk menerima piala penghargaan dari Ketua IIP di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Atas capaian tersebut, Pj wali kota menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan IIPG. Sebagai lembaga independen, IIPG telah memantau dan menilai kinerja Kota Madiun dengan seksama. Bahkan, mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk itu, Pj wali kota pun berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkot Madiun untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta terus berinovasi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Saya yakin semua sudah berusaha keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Atas penghargaan ini, mari kita tingkatkan semangat memberikan yang terbaik bagi warga Kota Madiun,” ujarnya.

Sejumlah inovasi dan kebijakan telah diterapkan Pemkot Madiun dalam upaya peningkatan pelayanan di berbagai sektor. Termasuk, komitmen anti pungli dan pemanfaatan media digital agar pelayanan lebih efektif, efisien, dan transparan.

Sebagai informasi, Anugerah Pandu Negeri adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh IIPG kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten, atau kota, khususnya di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, terluar) yang berhasil melaksanakan praktik kinerja dan governansi yang baik di daerahnya. Terdapat tiga kategori penghargaan. Yakni, silver, gold, dan platinum.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Presiden RI Periode 2009 – 2014 sekaligus Ketua Dewan Penasihat IIPG Boediono, Ketua Umum IIPG, Rudiantara. Lalu, Inisiator IIPG (Ketua Umum IICD-IIPG 2012-2024), Sigit Pramono, serta Direktur Pelaksanaan IIPG, Irham Dilmy dan berbagai perwakilan dari 548 pemerintah daerah di Indonesia. Terdiri atas 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota. (Rams/irs/diskominfo)