Buka Naker Fest Kota Madiun, Pj Wali Kota Harap Bekali Kompetensi Kemandirian dan Berdaya Saing




MADIUN - Perkembangan dunia kerja yang dinamis menuntut para pencari kerja untuk memiliki kompetensi dan skill yang mumpuni terhadap suatu bidang. Maka dari itu, untuk menjawab tantangan tersebut, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker KUKM) Kota Madiun menggelar Naker Fest.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Eddy Supriyanto, Rabu (11/9) di Kantor Disnaker KUKM, Jalan Bolodewo. Dalam sambutannya, Pj Wali Kota mengapresiasi giat yang diselenggarakan oleh dinas terkait. Pasalnya dengan adanya acara ini, menjadi bukti pemerintah dalam komitmennya mengentaskan pengangguran di Kota Madiun.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Madiun terus bergerak dan butuh banyak tenaga kerja. Saya berharap, perusahaan bisa bersinergi dengan pemerintah sehingga kebutuhannya apa, skill yang dicari apa, Disnaker bisa menyiapkannya untuk tahun berikutnya,” terang Pj Wali Kota.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Naker Fest juga menjadi wadah bagi para lulusan SMA atau fresh graduate dari Universitas untuk mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi, sekaligus bertemu langsung dengan para pencari kerja melalui job fair.

“Naker Fest ini lengkap. Ada pelatihan yang pada tahun ini sudah angkatan ketiga. Dimana angkatan pertama dan kedua sudah 90 persen mendapat pekerjaan. Saya harap untuk tahun depan pelatihan bisa ditambah kuota peserta agar angka pengangguran semakin kita tekan,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kadisnaker KUKM, Harum Kusumawati mengatakan, kegiatan Naker Fest kali ini terbagi dalam tiga kluster acara. Yakni pembekalan pelatihan keterampilan kerja, gelar karya alumni pelatihan keterampilan kerja, job fair yang diikuti oleh 20 perusahaan secara offline dan 15 perusahaan secara online.
(dspp/kus/diskominfo)