Kirab Bersama, Si Jalih dan Kang Osi Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Saat Pesta Demokrasi




MADIUN – Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 sampai di Kota Madiun setelah sebelumnya melalui Kabupaten Magetan. Berlangsung di Pahlawan Street Center (PSC) pada Rabu (12/9) malam, acara ini diadakan untuk menyosialisasikan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, mencakup pemilihan gubernur (Pilgub) dan wali kota (Pilwakot) di Jawa Timur.

Acara dimulai dengan penyambutan dan penyerahan maskot Pilkada Serentak, "Si Jalih", yang mewakili semangat memilih di Jawa Timur dengan tagline "Pilgub Jatim Seneng Bareng". Diikuti dengan penyerahan simbolis berupa maskot akrilik, kirab ini bertujuan untuk mendukung demokrasi dan mendorong partisipasi pemilih.

Tak ketinggalan, KPU Kota Madiun turut memperkenalkan maskot Pilkada Kota Madiun bernama "Kang Osi", dengan bentuk Gunungan yang melambangkan pembuka atau “gawe” dalam bahasa Jawa serta puncak prestasi. Maskot ini diharapkan menginspirasi masyarakat dengan tagline “Ora Nyoblos Ora Jos” untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Madiun Pita Anjarsari menyatakan, “Kang Osi merupakan simbol dari semangat dan harapan kami untuk Pilkada 2024. Kami berharap maskot ini dapat memotivasi masyarakat untuk tidak hanya berpartisipasi dalam pemilihan, tetapi juga menjadikan demokrasi sebagai bagian penting dalam kehidupan mereka," ungkapnya.

Memasuki acara inti, ditandai dengan pembacaan Deklarasi Pilkada Serentak 2024 dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen oleh semua pihak terkait. Penandatanganan ini melibatkan Pemkot Madiun, KPU Provinsi Jawa Timur, KPU Kota Madiun, Forkopimda, FKUB Kota Madiun, dan perwakilan partai politik sebagai kesepakatan bersama untuk menciptakan pemilihan yang damai dan demokratis.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto menyampaikan, “Kirab ini bukan hanya acara simbolis, tetapi merupakan upaya konkret untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Dengan adanya deklarasi dan komitmen ini, kami berharap seluruh elemen masyarakat bisa bersama-sama menjaga keamanan dan integritas selama proses pemilihan," ujarnya.

Sebagai informasi, Kirab Maskot Pilkada 2024 ini mengitari Jawa Timur melalui dua jalur. Jalur pertama, kirab dimulai dari ujung selatan, yakni Kabupaten Pacitan pada 24 Juli 2024. Kemudian jalur kedua, dimulai di Kabupaten Sumenep pada 31 Juli 2024 dan keduanya akan bertemu di Surabaya pada 12 Oktober 2024 mendatang.

Acara ini turut dimeriahkan dengan pertunjukan budaya, penampilan drumband Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI), dan ditutup dengan pesta kembang api serta suara merdu Jihan Audy dan Dike Sabrina yang memanjakan telinga masyarakat Kota Madiun. (rams/uli/diskominfo)