Sering Merasa Cepat Mengantuk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya




MADIUN - Hawa-hawa weekend yang masih terbawa di hari Senin biasanya membawa vibes yang tidak jauh dari rasa malas dan mengantuk. Nah, cepat mengantuk ini bisa sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Lalu, apa sih penyebabnya?

Ternyata, tubuh yang cepat mengantuk bisa disebabkan dari buruknya kualitas tidur di malam hari. Tak hanya itu, mudah mengantuk bisa jadi juga disebabkan karena kebiasaan dan masalah kesehatan lain, seperti kebiasaan minum kopi secara berlebihan, stres, hingga depresi.

Melakukan perubahan kebiasaan dan pola hidup sehat umumnya bisa mengatasi cepat mengantuk. Namun, perawatan dan pengobatan medis juga mungkin diperlukan jika penyebabnya adalah masalah kesehatan tertentu.

Selain kurang tidur, beberapa kondisi dan masalah kesehatan tertentu bisa membuat kita cepat mengantuk, termasuk minum kopi secara berlebihan, stres, dan depresi. Dilansir dari Health dan Healthline, ada beberapa penyebab sering mengantuk yang perlu diketahui.

Di antaranya yakni apnea tidur atau gangguan yang membuat napas terhenti saat tidur di malam hari sehingga kualitas tidur akan berkurang Insomnia, gangguan yang membuat seseorang sulit untuk tidur atau tidur dengan nyenyak. Narkolepsi atau gangguan neurologis kronis yang memengaruhi ritme sirkadian (siklus bangun dan tidur alami pada tubuh) sehingga membuat kita sangat mengantuk sepanjang hari.

Nah, kita bisa mencegahnya dengan beberapa cara. Yaitu, tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan Mengubah suasana tempat tidur, seperti membuat ruangan terasa lebih dingin, gelap, dan sunyi.

Menghindari kebiasaan minum kopi di malam hari dan membatasi konsumsinya maksimal di siang hari. Mencari alternatif lain untuk obat penenang yang dikonsumsi. Menghindari obat tidur yang memberikan efek samping mengantuk di siang hari.
(rams/kus/madiuntoday)