Guna Tambah Skill, Puluhan Tim Pemangkas Pohon Perkim Dibekali Pelatihan




MADIUN - Tim pemangkas pohon milik Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun mendapat pelatihan dari profesional tree climbing, Rabu (9/10).

Pelatihan yang dilakukan mencakup simpul tali, keamanan khususnya memanjat, pengenalan alat memanjat, teknik pemanjatan yang benar, hingga penggunaan alat senso sesuai SOP.

Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Andi Anto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah kompetensi tim pemangkas pohon Kota Madiun.

“Tujuannya menambah kompetensi tim perkim, utamanya pemangkasan pohon sekaligus menambah skill dan benar-benar profesional,” ungkapnya.

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan agar tim pemangkas pohon tidak hanya bergantung atau mengandalkan alat berat. Namun, tim juga diharapkan bisa melakukan pemangkasan pohon menggunakan alat sederhana.

“Nah, kami ambil tim dari Jakarta, tujuannya melatih simpul tali untuk pemanjatan, bagaimana memanjat pakai alat manual. Jadi kalau alat berat rusak bisa gunakan itu,” ungkapnya.

Andi berharap, kedepan tak hanya tim pemangkas pohon saja yang mendapat pelatihan. Namun seluruh tim yang ada di Dinas Perkim.
(ney/kus/madiuntoday)