Buka Kemilau Batik Nusantara, Pj Wali Kota Ingin Batik Semakin Dikenal dan Dicintai




MADIUN – Batikshow and Craft di Kota Pendekar resmi dimulai. Event batik dengan tema Kemilau Batik Nusantara tersebut dibuka Pj Wali Kota, Eddy Supriyanto, Jumat (11/10) malam. Berlangsung di Atrium Suncity Mall Madiun, kegiatan berhasil menarik perhatian pengunjung. Apalagi, ada banyak keseruan tersaji. Di antaranya, pameran batik dan aneka kerajinan, fashion show, pertunjukkan dance, dan lain sebagainya. Pj wali kota pun memberikan apresiasinya.

‘’Kita mempunyai warisan budaya yang luar biasa. Salah satunya, batik. Terima kasih kepada Asosiasi Pengrajin Batik Madiun (APBM) dan juga Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker KUKM) Kota Madiun yang telah menggelar event ini,’’ kata Pj wali kota.

Batik, lanjut Pj wali kota, merupakan budaya yang luhur asli Indonesia. Namun, pernah diklaim negara lain. Termasuk reog. Karenanya, sebagai generasi penerus harus semangat melestarikan. Salah satunya seperti event batikshow yang tengah berlangsung ini. Dengan banyak menggelar event bertemakan batik, budaya batik diharapkan bisa semakin menggeliat dan semakin dicintai.

‘’Ini merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan batik, mengenalkan batik agar semakin dicintai,’’ ungkapnya.

Selain itu, hadirnya event juga menghadirkan banyak manfaat. Salah satunya, meramaikan kota dan menggerakkan perekonomian. Seperti diketahui, event cukup menarik pengunjung. Tak hanya dari Kota Madiun, namun juga dari daerah sekitar. Event memang salah satu alasan orang untuk datang.

‘’Menurut penelitian, setidaknya ada empat alasan orang mau datang. Pertama, kuliner, kemudian budaya, event, dan keindahan daerahnya. Kita terus berupaya mengoptimalkan itu semua, agar orang semakin banyak yang datang,’’ terangnya.

Batikshow and Craft bakal berlangsung hingga 13 Oktober nanti. Kegiatan menghadirkan sejumlah karya terbaik pembatik andalan Kota Madiun. Di antaranya, Batik Panoratik, WMH Batik, Batik Murni, Kiyoshi, Deyfa Batik, dan Aveilla Batik. Selain itu, event Kemilau Batik Nusantara 2024 juga memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengikuti beragam workshop yang tersedia. Yakni, workshop batik, lukis, rajut, dan manik-manik. (dspp/agi/diskominfo)