Komitmen Pilkada Aman Digencar, Rakor Provinsi dan Kab/Kota Se-Jawa Timur Tahun 2024 Digelar




SURABAYA – Dalam upaya menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung di ballroom Hotel The Westin Surabaya pada Rabu (16/10), serta dihadiri oleh berbagai pihak terkait untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

Pj. Wali Kota Madiun, yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Madiun, Budi Wibowo, bersama jajaran Forkopimda, turut hadir untuk mendengarkan arahan dari Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menekankan pentingnya kolaborasi antara semua pihak dalam menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada.

"Keberhasilan Pilkada tergantung pada komitmen kita semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Mari kita ajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak suara mereka dan bekerja sama dalam menetralisir berita hoaks," ungkapnya. Dirinya juga menekankan perlunya masyarakat untuk membuat keputusan yang realistis demi memilih pemimpin yang berkualitas.

Selanjutnya, Pj. Gubernur juga mengingatkan bahwa pengalaman dari pelaksanaan Pilpres sebelumnya menunjukkan adanya titik kerawanan, namun semua tantangan tersebut dapat diatasi dengan baik melalui kerjasama dan komunikasi yang baik di antara semua elemen masyarakat. Dengan pemungutan suara yang dijadwalkan pada 27 November 2024, semua pihak diharapkan dapat memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar dan aman.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai oleh Pj. Gubernur beserta jajaran Forkopimda Jawa Timur. Selain Forkopimda, turut hadir staf ahli Kementerian Dalam Negeri, Kepala Bakesbangpol se-Jawa Timur, serta Kepala KPU dan Bawaslu se-Jawa Timur, menunjukkan komitmen bersama dalam menyukseskan Pilkada 2024. (rams/uli/diskominfo)