Parade Senja Makin Digandrungi Warga, Jadi Event Rutin untuk Ramaikan Kota



MADIUN – Parade senja di Kota Madiun terbukti menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, gelaran drumband itu kembali dibanjiri masyarakat. Gelaran bakal menjadi event rutin ke depan. 


‘’Hampir setiap sekolah punya grup drumband. Alat ada, SDM punya. Kenapa ini tidak kita suguhkan ke masyarakat. Toh, masyarakat juga senang,’’ kata Wali Kota Maidi usai menyaksikan Parade Senja, Sabtu (24/9).


Setidaknya, ada 36 grup drumband di Kota Madiun. Mereka biasanya hanya tampil setahun dua kali. Yakni, saat event kemerdekaan dan hari jadi kota. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun menjadwalkan rutin agar grup-grup tersebut bisa tampil lebih sering. Mereka bakal dijadwalkan secara bergantian. Pemkot menjadwalkan setidaknya lima kali dalam sebulan. Yakni, di setiap Sabtu sore dan setiap tanggal 17. 


‘’Kalau hanya sebulan sekali, berarti untuk sekali tampil butuh waktu sampai tiga tahun. Nah, yang belum bisa tampil di tanggal 17, bisa tampil pada hari Sabtunya,’’ jelasnya. 


Ke depan, parade senja bakal disuguhkan kepada wisatawan. Lokasinya juga tepat di jantung kota. Dimulai dari Pahlawan Bisnis Center ke titik nol kilometer dan kembali ke Sumber Umis. Pun, tidak menutup kemungkinan bakal melibatkan peserta drumband dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, dilakukan secara estafet agar tidak kecapekan. 


‘’Kalau TK mungkin akan kita buat estafet setiap 50 meter. Kasihan nanti kalau jalan kejauhan,’’ terangnya. 


Wali kota berharap anak-anak peserta drumband semakin bangga dan percaya diri usai tampil. Selain itu, tentu keberadaan parade senja dapat menjadi menarik animo masyarakat hingga meningkatkan perekonomian kota. 


‘’Konsep-konsep seperti ini kita hadirkan agar anak-anak bangga dan senang juga tentu untuk meramaikan kota kita,’’ pungkasnya. (dspp/agi/diskominfo)