Cerita Whisnu Kepincut Ikan Gabus Predator, Perawatan Mudah Hingga Raup Jutaan Rupiah




MADIUN - Bak galeri ikan hias, ruang tamu rumah Whisnu Maulida Andaresta disulap menjadi rumah bagi puluhan ikan gabus predarot atau ikan channa. Berderet rapi aquarium terpajang di sudut ruang remaja yang berdomisili di Jalan Masjid, Kelurahan Kanigoro itu. 


Memang beternak ikan channa kian digemari akhir-akhir ini. Pasalnya, keunikan corak dan beragam jenisnya menarik hati para peminatnya. 


Wishnu mengaku koleksi ikan channa dimulai sejak 2019 koleksi ikan channa. Dirinya tertarik  karena perawatan lebih mudah, banyak macamnya hingga bisa diajak mainan karena bisa merespon interaksi dari orang. 


“Jadi ikan channa ini termasuk interaktif. Dia bisa melompat dari aquarium kalau di atas aquariumnya ada lalat terus mau nangkap sampai lompat keluar,” ungkap Whisnu. 


Meskipun ikan yang memiliki nama latin famili Channidae ini terbilang galak dan termasuk jenis ikan predator, namun jika tahu bagaimana cara merawat dengan benar maka ikan channa bisa menghasilkan cuan karena memiliki kualitas yang bagus. 


“Kalau perwatan kita bagus, maka corak, ukuran, dan ketangkasan ikan juga bagus. Istilahnya kualitas oke, pasti bakal diburu kolektor,” terangnya sembari mengatakan ikan miliknya pernah dibeli dengan harga Rp 1,7 juta. 


Terkait perawatan, Whisnu mengatakan jika memang benar ingin merawat ikan channa harus menyediakan wadah khusus seperti aquarium.


“Jangan asal ditaruh di botol. Kalau memang benar-benar mau memelihara harus sepenuh hati,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)