Berangkatkan Peserta Lomba Pramuka Tingkat IV, Wali Kota: Pramuka Pribadi yang Tahan Banting




MADIUN – Pemerintah Kota Madiun kembali turut dalam lomba kepramukaan. Kali ini, ada lomba Pramuka tingkat IV Jawa Timur. Setidaknya, ada 18 peserta putra dan putri dari tingkat penggalang atau SMP yang akan turut dalam lomba tersebut. Wali Kota Madiun, Maidi memimpin apel pemberangkatan peserta lomba yang akan berlangsung di Coban Rondo Kabupaten Malang itu. 


‘’Pramuka ini merupakan pendidikan karakter yang baik ya. Semua pendidikan karakter ada di sana. Ada di Dasa Dharma Pramuka. Karenanya, Pramuka kita harus terus aktif dan berkembang. Semua kegiatan kita ikuti,’’ kata wali kota usai apel pemberangkatan di Ngrowo Bening, Senin (17/10).


Pramuka, lanjutnya, akan mencetak pribadi yang tahan banting ke depan. Sebab, sudah dari awal mendapatkan pembelajaran yang bermuara pada karakter tersebut. Karenanya, wali kota menyebut Pramuka akan melahirkan generasi yang tak pantang menyerah dengan keadaan. 


‘’Nanti kalau sudah dewasa, kemudian mandiri punya usaha, tidak mudah putus asa. Ada inflasi tahan, ada krisis tahan. Karena karakternya sudah terbentuk sejak awal. Nah, pembelajaran karakter dalam Pramuka ini akan diuji salah satunya dengan perlombaan seperti ini,’’ terangnya.


Belasan peserta tersebut akan berangkat ke lokasi lomba malam ini. Lomba akan digelar mulai 18 sampai 21 Oktober nanti. Wali kota juga berpesan untuk selalu mengedepankan keselamatan selama gelaran lomba. Apalagi, ada banyak lomba yang membutuhkan ketangkasan, keterampilan, dan lain sebagainya.


‘’Berikan yang terbaik tetapi tetap jaga nama baik Kota Madiun,’’ tegasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)