Optimalkan Peran Perumda Kota, Pemkot Hadirkan Pembicara Ahli dari Kemendagri




YOGYAKARTA – Peran Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pemerintah Kota Madiun terus dioptimalkan. Pembinaan dilakukan guna mengoptimalkan peran Perumda khususnya dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pembicara dari Kemendagri dihadirkan untuk memberikan arahan secara langsung. 


‘’Kita evaluasi, kekurangan kita apa, yang belum maksimal dibagian apa kita evaluasi semua. Kita hadirkan ahli dari Kemendagri untuk memberikan masukan-masukan,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi saat Peningkatan Sinergi dan Optimalisasi Peran BUMD Dalam Mendukung Pembangunan Kota di Sahid Hotel Yogyakarta, Sabtu (22/10).


Pemerintah Kota Madiun setidaknya memiliki tiga perumda. Yakni, Perumda PDAM Tirta Taman Sari, Perumda BPR Bank Daerah Kota Madiun, dan Perumda Aneka Usaha. Keberadaan ketiganya harus terus dioptimalkan. Namun, bukan hanya soal bisnis mencari keuntungan. Tetapi juga bergerak untuk bidang sosial. 


‘’Ini perusahaan bisnis-sosial. Sosialnya jangan ditinggalkan, pelayanan harus terus semakin ditingkatkan,’’ jelasnya. 


Wali kota menyebut hadirnya ahli bisa memberikan masukan-masukan atas kekurangan Perumda Kota Madiun. Peserta diharapkan untuk serius mengikuti pembinaan demi pengoptimalan Perumda ke depan. Setidaknya kegiatan diikuti jajaran struktural ketiga Perumda. 


‘’Adanya ilmu baru dari orang berpengalaman ini penting dan perlu ya. Makanya kita datangkan ahli dari Kemendagri yang membidangi itu,’’ terangnya sembari menyebut menghadirkan Direktur BUMD, BLUD, dan BMD Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Budi Wibowo sebagai pembicara. (ws hendro/agi/diskominfo)