Tingkatkan Pelayanan Untuk Masyarakat, BKD Bekali OPD Dengan Keterampilan Bahasa Isyarat




MADIUN - Fasilitas dan pelayanan pemerintah daerah dapat dinikmati oleh seluruh warga. Tak terkecuali, mereka yang memiliki kebutuhan khusus. 


Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya warga difabel, Badan Kepegawaian Daerah Kota Madiun membekali OPD dengan keterampilan tambahan. Yakni, bahasa isyarat. 


Senin (24/10), pelatihan berlangsung di gedung BKD Kota Madiun. Adapun pesertanya berasal dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), puskesmas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Badan Pendapatan Daerah, RSUD Kota Madiun, dan kecamatan. 


"Untuk saat ini fokusnya kepada OPD pelayanan agar menunjang pelayanan kepada masyarakat. Terutama, mereka yang berkebutuhan khusus," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Manusia BKD Kota Madiun, Asmiasri.


Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan materi pelajaran bahasa isyarat dari narasumber ahli. Baik Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) maupun Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Fokusnya terhadap kalimat percakapan sesuai dengan pelayanan OPD masing-masing. 


Pelatihan bahasa isyarat berlangsung selama dua hari. Peserta juga diminta membuat video pengenalan pelayanan di OPD masing-masing dengan bahasa isyarat. Video ini harapannya dapat ditampilkan agar mempermudah warga berkebutuhan khusus untuk mendapatkan akses pelayanan. 


Melalui pelatihan ini, Asmi berharap dapat menambah pelayanan kepada masyarakat berkebutuhan khusus. "Harapannya bisa memenuhi standar pelayanan yang baik. Juga, mengungkit penilaian pelayanan daerah di lingkup perangkat daerah Kota Madiun," tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)