Jaga Kondusifitas Kota, Pemkot Gelar Rakor Bersama Tim Kewaspadaan Dini




MADIUN - Pembangunan Kota Madiun yang kian masif, mau tak mau membawa banyak masyarakat untuk berkunjung ke Kota Pendekar. Hadirnya berbagai macam masyarakat, tentu menyimpan potensi kerawanan. 


Karenanya, perlu dilakukan kewaspadaan dini untuk mengantisipasi segala potensi konflik. Maka dari itu, untuk mencegahnya perlu dilakukan sinergitas antar seluruh elemen untuk menjaga kondusifitas kota. 


“Kota itu kalau semakin maju, kewaspadaan harus semakin ditingkatkan. Karena tingkat kerawanannya juga semakin meningkat,’’ ungkap Wali Kota Maidi, Kamis (17/11). 


Wali kota menambahkan, berkegiatan di Kota Madiun tidak dilarang. Namun, tentu kegiatan yang berdasar aturan dan tidak meresahkan masyarakat. Potensi itu tentu selalu ada mengingat keberagaman di Kota Madiun.


“Tim harus bisa menangkap setiap potensi kerawanan itu. Selain itu, juga harus bisa mengambil langkah pencegahan strategis. Keamanan wajib yang utama,” tegasnya. 


Kota Madiun saat ini sudah cukup kondusif, masyarakat sudah menjalankan profesi dan pekerjaannya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pedagang berjualan dengan baik. Artinya, tidak perlu melakukan hal-hal yang mungkin akan merugikan diri sendiri dan orang lain.


“Masyarakat kita itu orang cerdas-cerdas. Masyarakat kota harus seperti itu. Ada isu macam-macam tetap tenang. Ditanggapi dengan kepala dingin. Segera bertanya sebelum bertindak,’’ pungkasnya. 

(Luqman/kus/diskominfo)