Cegah Kasus Covid-19 Mewabah Lagi, Dinkes PPKB Lakukan Antisipasi Lewat Vaksinasi Di Puskesmas




MADIUN – Meski pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir, namun upaya antisipasi penyebarannya tetap dilakukan. Hal ini seperti langkah yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun. Salah satunya, dengan menyediakan vaksinasi Covid-19 di puskesmas.

Adapun vaksinasi tersedia di enam puskesmas di wilayah Kota Madiun. Yakni, Puskesmas Manguharjo, Ngegong, Sukosari, Tawangrejo, Demangan, dan Banjarejo. Untuk detail lokasi dan jadwal dapat dilihat pada tabel.

‘’Kasus Covid-19 di Kota Madiun kembali muncul pertama sejak kasus terakhir pada 16 Juni 2023. Yakni, ditemukan kembali satu kasus konfirmasi pada tanggal 19 Desember 2023,’’ ujar Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun, dr. Denik Wuryani, Selasa (9/1).

Menurut Denik, sejak penemuan kasus pada 19 Desember 2023 tersebut, hingga saat ini telah dilaporkan beberapa kasus konfirmasi maupun kasus dengan hasil Antigen positif.

Untuk itu, Pemerintah Kota Madiun segera melaksanakan upaya pencegahan sebagai tatalaksana antisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pendekar. Yakni, mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung usaha tersebut dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

‘’Kami harap masyarakat juga melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua di fasilitas kesehatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Dinkes PPKB juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker. Terutama, bagi warga yang sakit atau berada di tempat umum yang beresiko. Segera periksa ke layanan kesehatan jika ada gejala Covid-19. Kemudian, lakukan isolasi mandiri jika hasil swab positif. Serta, tunda perjalanan ke negara atau daerah yang sedang ada peningkatan kasus. (Rams/Vincent/irs/madiuntoday)