Peringati Bulan Muharram, Warga Kelurahan Nambangan Lor Gelar Bersih Desa Bersama Wali Kota



MADIUN – Tradisi bersih desa masih dijaga oleh masyarakat hingga sekarang. Salah satunya seperti tampak pada kegiatan warga Kelurahan Nambangan Lor, Jumat (12/8). Berlokasi di Makam Budug, masyarakat menggelar Nyadran atau slamatan sedekah bumi.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi bersama Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri. Dalam kegiatan ini, wali kota melaksanakan potong tumpeng dan ziarah ke makam sesepuh Nambangan Lor. Acara selanjutnya diisi dengan pembagian sedekah bumi kepada masyarakat sekitar.
‘’Bersih desa ini adatnya masyarakat untuk berdoa di Bulan Muharram. Harapannya, bersih dari penyakit, bersih dari fitnah, dan bersih dari hal-hal yang tidak diinginkan,’’ tuturnya.
Wali kota pun mempersilakan kegiatan serupa digelar. Bahkan, wajib dilestarikan karena merupakan bagian dari tradisi masyarakat secara turun-temurun. Meski begitu, orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengimbau agar prosesi Nyadran dilakukan sesuai aturan norma masyarakat maupun keagamaan.
Kepada masyarakat, wali kota juga memberikan apresiasi karena telah menyelenggarakan kegiatan bersih desa secara sukarela. ‘’Semangat ini membawa kesehatan. Silakan saja dilaksanakan,’’ tandasnya. (Nanda/irs/diskominfo)