Hadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden, Wali Kota Siap Jalankan Arahan




MADIUN - Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI mulai berlangsung. Hal itu ditandai dengan Rapat Paripurna yang berlangsung di DPRD Kota Madiun, Selasa (16/8). Rapat kali ini dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR RI. 


Kegiatan juga diikuti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Madiun. Dalam Sidang Nota Keuangan MPR ini, Presiden Jokowi sekaligus membahas RUU APBN 2023. Sidang tahunan MPR ini diawali oleh pidato pengantar dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dilanjutkan dengan pidato dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Setelah itu Presiden Jokowi yang menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara selama setahun terakhir.


Dalam pidatonya, beberapa hal disebutkan oleh Presiden Jokowi, di antaranya ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44% pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun. 


Juga, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh. Masyarakat dusun dan kampung saling melindungi dan saling berbagi.


Wali Kota Madiun Maidi menyebut apa yang disampaikan presiden sudah dilakukan di Kota Madiun. Utamanya terkait penanganan Covid-19 dan peningkatan ekonomi. Keduanya memang menjadi perhatian presiden dalam masa pandemi Covid-19 ini.


‘’Yang disampaikan presiden sudah kita akomodir semua. APBD kita kan sudah untuk rem Covid dan gas ekonomi. Artinya, kita sudah sejalan dan siap menjalankan arahan yang diucapkan presiden,”pungkasnya. 

(Dspp/kus/diskominfo)