Hadiri Gemilang Nusantara Jawa Timur 2022, Wali Kota Apresiasi Kepolisian Geliatkan Seni Budaya




SURABAYA – Giat kebudayaan wajib terus digelorakan. Tidak hanya untuk menjaga kelestariannya, tetapi juga untuk semakin mengenalkan kebudayaan sebagai salah satu kekayaan Nusantara. Menjaga kebudayan ini menjadi tanggung jawab bersama. Salah satunya, dari kepolisian. Gemilang Nusantara Jawa Timur 2022 pun mengemuka. Acara yang digagas oleh Polda Jawa Timur tersebut berlangsung meriah di Grand City Mall Surabaya, Senin (15/8) malam. Wali Kota Madiun, Maidi juga hadir dalam acara tersebut. 


Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Niko Avinta mengatakan kegiatan Gemilang Nusantara Jawa Timur tidak hanya wadah bagi para seniman. Namun, juga sarana untuk memupuk kecintaan kepada bangsa. Seperti diketahui, tanah air memiliki beragam kebudayaan. Setidaknya ada 713 seni dan budaya di seluruh nusantara. Hal itu harus senantiasa dicintai agar tetap terjaga kelestariannya. 


‘’Para pemimpin kita dulu 77 tahun silam dengan susah payah menyatukan bangsa yang penuh keberagaman ini. Apa yang sudah dibuat pemimpin kita perlu dipupuk. Bangsa ini perlu pupuk, salah satunya dengan seni budaya,’’ katanya.


Irjen Pol Niko menambahkan acara tersebut berawal dari gagasan Mabes Polri. Tujuannya, untuk meningkatkan kecintaan khususnya bagi para polisi terhadap nusantara. Kegiatan tidak sekedar pertunjukkan seni. Namun, juga dilombakan. Diawali dari seleksi dari tingkat polres sampai akhirnya ke tingkat Polda. 


‘’Polisi harus cinta Nusantara, lambang dari kegiatan ini adalah bulu khas suku Dayak Kalimantan yang mana nanti akan menjadi ibu kota baru kita,’’ ungkapnya. 


Wali Kota Madiun, Maidi mengapresiasi kegiatan Gemilang Nusantara tersebut. Apalagi, kegiatan bisa menjadi ajang menggali potensi dari segi seni dan budaya. Seperti diketahui kesenian dan kebudayaan menyimpan potensi besar. Salah satunya, dalam peningkatan ekonomi. Seperti halnya di Kota Madiun, berbagai kegiatan seni budaya digelar untuk meramaikan kota. Hal itu secara tidak langsung berdampak pada peningkatan perekonomian daerah. 


‘’Ini bagus sekali ya. Kita sudah diwarisi seni budaya yang luar biasa. Itu harus dioptimalkan. Salah satunya, dengan kegiatan seperti ini. Apresiasi untuk kepolisian yang sudah menggelar kegiatan dengan sangat menarik,’’ ujarnya. (ws hendro/agi/diskominfo)