Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Berlangsung Khidmat, Wali Kota Ikuti Secara Virtual



MADIUN – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 di Kota Madiun cukup beragam. Setelah upacara peringatan di Alun-alun, Wali Kota Madiun, Maidi mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Istana Merdeka secara virtual. Orang nomor satu di Kota Pendekar bersama Forkopimda dan juga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun mengikuti gelaran dari GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun, Rabu (17/8).


Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka tersebut berlangsung khidmat. Presiden beserta tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Untuk Presiden RI Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Upacara Detik-detik Proklamasi kali ini sudah seperti upacara di saat sebelum pandemi Covid-19. 


Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka bisa menambah semangat peringatan. Upacara berlangsung tepat seperti saat teks proklamasi dibacakan sang proklamator 77 tahun silam. Wali kota menyebut masyarakat yang menyaksikan jalannya upacara pastinya turut terbawa suasana khidmat. Turut terkenang deti-detik penting dan bersejarah bagi bangsa ini. 


‘’Luar biasa ya. Upacara di Istana Merdeka bisa melecut semangat kita untuk lebih semangat dalam mengisi kemerdekaan ini,’’ kata wali kota. 


Para pejuang, lanjut wali kota, memiliki semangat luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Biarpun dengan peralatan tempur seadanya, semangat mereka tidak pernah berkurang. Karenanya, wali kota mengajak masyarakat sekarang untuk lebih bersemangat dalam mengisi kemerdekaan. Sebab, generasi sekarang sudah didukung dengan sarana, prasarana, dan teknologi yang lebih lengkap dan maju.


‘’Pejuang dengan kesederhanaan saja bisa semangat seperti itu. Kita yang sudah dibantu dengan kemajuan teknologi harusnya lebih semangat lagi,’’ tegasnya. (dhevit/agi/diskominfo)