Bertemu Pekerja Seni dan Pelaku Ekonomi Kreatif Kelurahan Demangan, Wali Kota Serap Aspirasi untuk Program ke Depan




MADIUN – Giat Wali Kota Madiun menyapa masyarakat semakin berkembang. Kali ini, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut bertemu dengan pekerja seni, pelaku ekonomi kreatif, penggiat lingkungan, dan LSM di Kelurahan Demangan, Kamis (18/8). Tidak hanya wali kota, dalam pertemuan tersebut juga hadir anggota DPRD Kota Madiun.


Ajang tatap muka tersebut tidak hanya ajang sosialisasi program kerja dan pembangunan. Namun, juga sarana serap aspirasi masyarakat. Berbagai masukanpun mengemuka. Di antaranya terkait acara-acara rutin di Lapak UMKM Kelurahan untuk mewadahi pelaku seni hingga soal produk kerajinan. Aspirasi masyarakat tersebut pun langsung ditindaklanjuti wali kota dan wakil rakyat. 


‘’Kota ini akan kita ramaikan. Kota ini akan menjadi jujukan. Tentu ini tak terlepas dari peran masyarakat. Termasuk dari para pelaku seni dan ekonomi kreatif,’’ kata wali kota. 


Produk kerajinan dari Kota Madiun, kata wali kota, tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan, sudah ada yang ke luar negeri. Salah satunya, produk kerajinan dari kulit. Wali kota berharap hal itu untuk terus dikembangkan. Pemerintah Kota Madiun akan terus berupaya mendorong peningkatan produk lokal. Selain pelatihan dan pendampingan, Pemkot Madiun juga tengah menyiapkan tempat khusus. Yakni, gedung Dekranasda. Pembangunan gedung memanfaatkan lahan di eks Puskesmas Oro-Oro Ombo kawasan simpang lima tugu pendekar. Pembangunan diperkirakan selesai akhir tahun nanti. 


‘’Nanti akan ada banyak wisatawan yang datang. Mereka harus kita sambut. Kebutuhan mereka kita layani. Pasti di antaranya ada yang mencari produk kerajinan. Nanti kita siapkan di gedung itu,’’ ungkapnya.  


Wali kota memang banyak turun ke bawah untuk bertemu masyarakat. Tidak hanya pelaku seni, tetapi juga tokoh masyarakat, alim ulama, anggota PKK, sampai karang taruna. Kegiatan bertemu masyarakat itu sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung. (ws hendro/agi/diskominfo)