Buka Latsar CPNS, Wali Kota Harap SDM CPNS Kian Berkualitas




MADIUN – Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 53 di Kota Madiun resmi dimulai. Latsar CPNS golongan III tersebut dibuka Wali Kota Madiun, Maidi di gedung Diklat kota setempat, Jumat (19/8). Wali kota berharap melalui Latsar tersebut calon PNS bisa menjadi PNS yang berkualitas dan profesional.


‘’Ini kan masih CPNS. Nah, menuju ke CPNS kita berikan pelatihan-pelatihan. Harapannya, tentu saja menjadi PNS yang berkualitas yang professional,’’ kata wali kota.


Pelatihan diberikan selama tujuh hari. Berbagai materi akan diberikan dari berbagai pemateri. Salah satunya, dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Jawa Timur. Wali kota berharap peserta serius selama mengikuti pelatihan dan benar-benar menerapkan ilmu yang didapat nantinya.


‘’Setiap detik perubahan terjadi. Perubahan ini dari ilmu pendidikan. Jadilah agen-agen perubahan ke depan. PNS jangan hanya menggugurkan kewajiban. Tetapi harus menggali potensi untuk mewujudkan inovasi yang berguna dalam melayani masyarakat,’’ tegasnya. 


Kota Madiun, lanjut wali kota, harus semakin lebih baik ke depan. Harus selalu lima langkah di depan dari daerah lain. Tak heran, butuh pemikiran dari orang-orang didalamnya. Baik dari birokrasi maupun dari masyarakat. Karenanya, CPNS sebagai bagian dari birokrasi di Pemerintah Kota Madiun harus memiliki program perubahan yang lebih baik. 


‘’Kota ini akan menjadi yang nomor satu di negeri ini. Semua harus bergerak lebih dari biasanya untuk mewujudkan itu,’’ ungkapnya.


Tak heran, program beasiswa bagi masyarakat kurang mampu juga semakin digenjarkan. Setidaknya sudah ada 700 lebih mahasiswa yang tercatat dalam program itu. Pun, akan ditingkatkan menjadi seribu. Wali kota berharap program tersebut memberikan kesempatan yang sama bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan yang tinggi. Selain itu, juga meningkatkan kualitas SDM di Kota Madiun. 


‘’SDM ini penting. Karenanya, SDM terus kita genjot, terus kita latih agar semakin meningkat,’’ pungkasnya. (tyo/agi/diskominfo)