Hadiri Puncak Tradisi Bersih Desa Kelurahan Winongo, Wali Kota Apresiasi Warga Turut Jaga Warisan Budaya




MADIUN – Peringatan bersih desa rangkaian peringatan budaya bulan Suro di Kelurahan Winongo sampai pada puncaknya, Sabtu (27/8) malam. Pagelaran wayang kulit digelar sebagai pamuncak dari serangkaian kegiatan peringatan yang telah berlangsung. Wali Kota Madiun, Maidi juga turut hadir dalam peringatan tersebut. Padahal, orang nomor satu di Kota Pendekar itu baru saja tiba dari giat di Magelang lepas Maghrib. 


‘’Kegiatan apa saja, silahkan mengundang saya. Kalau memang tidak sedang ada giat yang bersamaan, saya pasti datang,’’ kata wali kota. 


Terkait giat bersih desa, wali kota mengapresiasi masyarakat setempat. Tentu juga pihak kelurahan. Sebab, masyarakat tidak hanya menjaga tradisi dan melestarikan budaya. Tetapi juga melaksanakan kegiatan secara maksimal. Terbukti rangkaian bersih desa di Kelurahan Winongo cukup meriah dari awal sampai akhir. Yakni, sebelumnya juga tersaji giat karnaval bersih desa yang tak kalah meriah. 


‘’Peningkatan ekonomi di tingkat lokal seperti ini penting sekali digeliatkan. Terima kasih sekali masyarakat yang telah berpartisipasi dalam peningkatan ekonomi di tingkat lokal ini,’’ imbuhnya. 


Seperti diketahui, kegiatan dapat mengundang pengunjung. Mereka yang datang diharapkan berbelanja di pedagang sekitar. Kelurahan Winongo juga memiliki lapak UMKM yang juga sebagai upaya peningkatan ekonomi. Kegiatan yang mengundang massa, bisa dipusatkan di lokasi lapak untuk meramaikan. 


‘’Kondisi-kondisi seperti ini sedang dan terus kita tingkatkan. Ekonomi kita harus tumbuh. Ekonomi tumbuh tetapi tradisi dan budaya warisan leluhur juga tetap terjaga,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)