Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama, Pemkot Madiun Ajak FKUB Kunjungi Badung-Bali




BADUNG – Indonesia memiliki ras, suku, dan agama yang beragam. Mereka tinggal secara menyebar di seluruh nusantara. Tak terkecuali di Kota Madiun.


Meski selama ini etnis di Kota Madiun cukup harmonis, namun upaya-upaya antisipasi terjadinya gesekan tetap dilakukan. Salah satunya, dengan belajar dan berdiskusi dengan daerah lainnya.


Hal ini seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkot Madiun. Dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Mereka mengajak anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Madiun ke Badung, Bali.


Jumat (7/10), rombongan dari Kota Madiun berkunjung ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Kedatanggan rombongan Kota Madiun pun disambut oleh Kepala Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi.


‘’Di Badung ini ada 23 etnis,’’ ujar I Nyoman Suendi dalam sambutannya.


Meski memiliki 23 etnis di dalamnya, namun semuanya dapat berjalan secara harmonis. Kuncinya adalah dari pemerintah daerah yang tidak membeda-bedakan warganya. ‘’Semuanya sama, warga Kabupaten Badung,’’ jelasnya.


Langkah menjaga kerukunan umat beragama dan etnis inipun telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Madiun. Namun, dengan kegiatan ke Badung ini diharapkan harmonisasi dan kondusifitas di Kota Pendekar dapat terus terjalin dengan kuat. (WS Hendro/irs/madiuntoday)